3 Cara Ampuh Mencapai Financial Freedom Sebelum Umur 30

cara mencapai financial freedom
Financial freedom menjadi istilah yang sudah tak asing lagi sekarang ini. Lalu, bagaimana cara mencapai financial freedom sebelum umur 30?

Table of Contents

Financial freedom menjadi istilah yang sedang tren di kalangan generasi muda sekarang ini. Bahkan banyak dari mereka yang berlomba-lomba agar bisa segera memiliki kebebasan finansial sesuai dengan umur yang diinginkan.

Namun, sebenarnya apa itu financial freedom? Mengapa istilah kebebasan finansial ini menjadi salah satu yang diimpikan oleh banyak orang? Yuk, simak penjelasannya dalam artikel ini.

Apa Itu Financial Freedom?

Kebebasan finansial atau financial freedom adalah kemapanan secara finansial bagi setiap orang sehingga ia tidak memiliki kekhawatiran akan kekurangan uang ketika membeli barang atau pun memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, kebebasan finansial juga bisa Anda artikan sebagai suatu kondisi di mana seseorang mempunyai tabungan dan dana darurat, memiliki investasi, dan juga terbebas dari adanya utang dalam jangka waktu yang lama.

1. Tentukan Budget Pengeluaran Bulanan

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencapai financial freedom adalah dengan menentukan budget pengeluaran bulanan. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

a. Kalkulasi Pendapatan Setiap Bulan

Langkah pertama ketika menyusun pengeluaran bulanan adalah dengan mengalkulasikan pendapatan setiap bulan. Dengan begitu, Anda bisa menetapkan batas uang yang boleh digunakan untuk belanja hingga investasi.

b. Lacak Pengeluaran dari 3 Bulan Terakhir

Melacak pengeluaran dari tiga bulan terakhir tentunya akan sangat membantu Anda dalam mengetahui kondisi keuangan secara nyata. Kini ada berbagai aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membantu melacak pengeluaran dengan menautkan ke rekening bank. Sehingga, semua transaksi keuangan dapat tercatat otomatis.

c. Buat Daftar Prioritas Pengeluaran

Membuat daftar prioritas pengeluaran setiap bulannya juga menjadi hal yang tak kalah penting untuk mencapai financial freedom. Anda bisa membuat daftar prioritas sesuai dengan riwayat pengeluaran dan kebutuhan selama satu bulan kedepan. Sebaiknya, hindari memasukkan pengeluaran yang tidak penting, ya.

d. Tentukan Model Pengeluaran Bulanan

Setiap orang tentu memiliki model pengeluaran bulanan yang berbeda. Makanya, Anda perlu menentukan model pengeluaran bulanan sesuai kebutuhan masing-masing. Anda bisa membagi pengeluaran per hari, minggu, atau langsung dalam waktu satu bulan.

Sedangkan untuk aturan pembagian dalam menyusun pengeluaran bulanan yang paling populer adalah dengan membagi keuangan menjadi 50/30/20, di mana 50% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk tabungan.

e. Contoh Rencana Pengeluaran Bulanan

Berkaitan dengan contoh pengeluaran bulanan, Anda bisa menggunakan aturan 50/30/20 pada poin sebelumnya.

Misalnya, setiap bulan Anda mendapat pemasukan sebesar Rp5.000.000. Dari uang tersebut, Anda bisa membagi sebesar Rp2.500.000 untuk kebutuhan, Rp1.500.000 untuk keinginan, dan Rp1.000.000 untuk tabungan.

2. Mulai Berinvestasi

Investasi adalah salah satu kewajiban yang harus Anda lakukan agar bisa mencapai financial freedom sesuai dengan targetnya. Berikut adalah langkah memulai investasi:

a. Kenali Jenis-Jenis Investasi

Beberapa jenis investasi yang populer di Indonesia selama beberapa tahun terakhir antara lain adalah deposito, reksadana, saham, dan obligasi. Anda bisa memilih investasi sesuai dengan tujuan dan jangka waktu serta profil risiko masing-masing.

b. Buka Akun Investasi

Jika sudah mengenal jenis-jenis investasi, Anda bisa segera membuka akun investasi. Sekarang ini, sudah banyak aplikasi investasi yang bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Jadi, jangan lupa lakukan survei terlebih dulu, ya.

c. Tentukan Jumlah Penghasilan yang akan Diinvestasikan

Sebelum berinvestasi, Anda harus menentukan terlebih dahulu jumlah penghasilan yang ingin diinvestasikan. Besaran dana investasi sendiri juga bisa Anda sesuaikan dengan tujuan dan waktu untuk mencapainya.

Umumnya, besaran dana investasi adalah sebesar 10-15% dari total penghasilan per bulan. Jadi, setiap bulannya Anda wajib konsisten menyisihkan 10-15% dari penghasilan tersebut untuk diinvestasikan.

d. Lakukan Sedini Mungkin

Mulai investasi sedini mungkin juga menjadi salah satu cara terbaik untuk mencapai financial freedom seperti yang Anda impikan. Apalagi dengan investasi, Anda dapat melihat return atraktif yang akan diperoleh dalam jangka waktu tertentu.

Makanya, tak heran jika investasi menjadi indikator penting jika Anda ingin mewujudkan kebebasan finansial.

3. Kelola Kredit dengan Baik

Utang atau kredit memang menjadi hal yang juga berkaitan dengan financial freedom. Hal inilah yang membuat Anda perlu mengelola kredit dengan baik karena nantinya akan berpengaruh pada kondisi finansial.

a. Tentukan Limit Kredit

Dalam menentukan limit kredit, Anda perlu mempertimbangkan pendapatan tetap yang diperoleh setiap bulan, total utang yang dimiliki sekarang ini, dan status kepemilikan barang berharga. Sebab, besaran limit kredit yang Anda ajukan harus sesuai dengan kondisi finansial agar tetap seimbang.

b. Ketahui Rasio Debt-to-Income (DTI)

Rasio DTI adalah rasio utang terhadap pendapatan biasanya digunakan untuk mengukur kemampuan Anda dalam mengambil kredit atau cicilan. Analisis rasio keuangan yang satu ini dapat membantu Anda untuk menghitung jumlah cicilan atau hutang yang dapat Anda ambil dalam satu bulan. Rasio DTI yang baik tidak melebihi 43-persen, artinya jika anda memiliki gaji sebesar Rp 10juta maka cicilan atau hutang dalam satu bulan tidak boleh melebihi Rp 4,3juta.

c. Kenali Istilah Good Debt dan Bad Debt

Good debt atau utang baik adalah jenis utang yang bisa membantu Anda dalam menghasilkan pendapatan ataupun membangun kekayaan bersih. Contoh dari good debt antara lain utang pendidikan, utang bisnis, dan utang properti seperti rumah.

Sedangkan bad debt atau utang buruk adalah jenis kredit yang nilainya akan mengalami depresiasi secara berkala. Beberapa contoh bad debt antara lain utang pembelian mobil dan pakaian atau perabotan sekali pakai.

d. Buat Tabungan Dana Darurat

Tabungan dana darurat adalah bagian penting untuk mencapai financial freedom yang harus kamu miliki sejak sekarang. Sebab, dana darurat merupakan simpanan uang yang nantinya bisa Anda pakai untuk menutup pengeluaran dalam periode waktu tertentu tanpa perlu berutang.

Adapun sebelum menentukan besaran tabungan dana darurat, Anda juga perlu memahami apa itu good debt dan bad debt agar nantinya bisa fokus mengurus utang terlebih dulu.

Penutup

Nah, itu dia informasi singkat tentang cara mencapai financial freedom sebelum usia 30 tahun. Setelah menyimak penjelasan di atas, apakah Anda semakin tertarik untuk mendapatkan kebebasan finansial di usia muda?

cara menghitung dana darurat

Pentingnya Dana Darurat dan Cara Menghitungnya

Untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari, Anda memerlukan uang. Maka dari itu, penting untuk menjaga stabilitas dana yang Anda miliki. Salah satu caranya adalah mengatur nominal dana darurat ideal. Lalu apa pengertian dan cara menghitung dana darurat agar memberikan keuntungan untuk Anda? Berikut penjelasannya!